ABU JA’FAR AL-BAGHDADY (w. 246 H)

Biografi Islam. Disini akan meriwayatkan Ulama Hadits dan Fiqih terkemukan. yaitu Abu Ja'far Al-Baghdadi. Sebut saja Imam Tirmidzi dan An-Nasa'i Rahimahumallah, mereka berdua pernah meriwayatkan hadits dari Abu Ja'far Al-Baghdadi.

Nama sebenarnya adalah Ahmad bin Khalid Al-Khallal, beliau termasuk Ulama Syafi’iyah periode awal. Beliau juga termasuk dari beberapa Ulama yang meriwayatkan hadits dari Imam Syafi’i Radliyalahu wa ardlah. Selain meriwayatkan dari Imam Syafi’i beliau juga meriwayatkan hadits dari Sufyan bin ‘Uyanah dan Ulama hadits selainnya.

Diantara Ulama hadits terkemuka, yang meriwayatkan hadits nabi dari Abu Ja’far Al-Baghdady adalah Imam Tirmidzi dan An-Nasa’i. 

Komentar Ulama Tentang Abu Ja’far Al-Baghdadi


Abu Hatim Ar-Razy mengatakan: Abu ja’far Al-Baghdady sangat baik dalam periwayatnnya, beliau mendapatkan keutamaan, ‘udûl, tsiqah, dibenarkan dan diridlai dalam periwayatannya.
Al-Hakim mengatakan “beliau adalah termasuk Ulama hadits dan Fiqih terkemuka”.
Beliau wafat pada tahun 246 H. beberapa pendapat mengatakan beliau wafat pada tahun 267 H. demikian dikatakan oleh As-Subuki dalam Thabaqatul Kubrâ. (juz. II, hal.5)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "ABU JA’FAR AL-BAGHDADY (w. 246 H)"